Apa Manfaat Digital Marketing dalam Bisnis?


Apa itu Digital Marketing?

Pemasaran digital atau digital marketing merupakan kegiatan pemasaran atau promosi sebuah bisnis dengan menggunakan media digital atau internet. Upaya pemasaran melalui media digital atau internet ini dapat dilakukan dengan berbagai cara dan strategi, yang memungkinkan pebisnis dapat melakukan interaksi dengan konsumennya secara online. Contoh pemasaran digital dapat dilihat pada website atau media sosial perusahaan, dimana terdapat promosi dan kampanye online mengenai produk ataupun layanannya. Tentunya pemasaran digital tidak asing lagi untuk dilihat, seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi digitalisasi sekarang ini. Tren bisnis pun juga membawa pengaruh terhadap perkembangan pemasaran, dimana salah satu variasinya adalah digital marketing.

Konsep dan penerapan digital marketing adalah hal yang dilakukan untuk mendongkrak penjualan dari suatu brand, dengan menarik calon konsumen secara cepat dan lebih praktis. Maraknya penggunaan internet di masyarakat membuat kegiatan pemasaran secara digital menjadi pilihan utama yang dapat dilakukan oleh pebisnis. Penawaran dan promosi dapat dilihat dari berbagai akses, seperti pada website dan media sosial. Untuk itu, pebisnis saling berkompetisi dalam membuat konten menarik untuk ditampilkan dalam melakukan pemasaran digitalnya.

 

Mengapa Digital Marketing bermanfaat dalam merintis dan mengembangkan bisnis?

Seiring pemasaran digital banyak dilakukan, manfaat dan kelebihannya tentunya dapat diperoleh bahkan dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Yang pertama, pemasaran digital tentunya memungkinkan strategi promosi dapat dilakukan dengan cepat. Penggunaan media sosial dan pemanfaatan digitalisasi lainnya, membuat pemasaran digital unggul pada kecepatan penyebarannya yang juga dapat diukur secara rinci. Di waktu yang sama, pemasaran digital pun dapat menjangkau konsumen lebih luas lagi. Tidak terbataskan jarak dan faktor lain, pemasaran produk dapat langsung dilakukan dan tersebar luas dengan beberapa langkah melalui pemanfaatan internet.

Terlebih lagi, pemasaran digital dapat sangat membantu pebisnis dalam membangun nama brand dengan baik. Pemasaran dan pengenalan brand secara digital dapat dilakukan melalui konten menarik dan promosi yang dilihat oleh konsumen ketika melakukan pencarian sebelum membeli produk ataupun layanan. Berbasis online, pemasaran digital juga membuat evaluasi dari kegiatan penawaran yang dilakukan, dapat diketahui dengan mudah. Karena hasil dari pemasaran digital yang menjadi pertimbangan untuk evaluasi, seperti banyaknya konsumen yang melihat produk, persentase penjualan, dan informasi terkait lainnya dapat secara langsung diketahui dan dilihat setiap waktu. Hal ini dapat juga memberikan kemudahan untuk mengontrol pemasaran mana yang berjalan dengan baik dan sebaliknya. Evaluasi ini tentunya akan sangat berguna dan dijadikan acuan untuk memperbaiki kegiatan selanjutnya.

Disamping itu semua, yang terpenting adalah pemasaran digital tentunya lebih efektif dengan biaya yang lebih terjangkau. Biaya anggaran dapat banyak berkurang dibandingkan dengan melakukan pemasaran konvensional. Besarnya biaya digital marketing sendiri tergantung dari apa yang dilakukan oleh perusahaan. Brosur online atau penawaran menggunakan email memang memerlukan biaya tersendiri, namun terbilang lebih kecil dibandingkan dengan media lainnya yang digunakan dalam pemasaran konvensional.

Pemasaran digital juga terbukti lebih efektif untuk dilakukan saat ini, terutama untuk pebisnis kecil yang baru mulai merintis usahanya. Digitalisasi dan internet yang tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari juga merupakan salah satu hal yang mempengaruhi mengapa pemasaran digital disebut lebih efektif.

 

Bagaimana Digital Marketing bermanfaat dalam merintis dan mengembangkan bisnis?

Pemasaran digital memberikan target yang jelas untuk bisnis. Melaluinya, tujuan untuk menjangkau konsumen, meningkatkan penjualan, dan terus berkembang lebih baik lagi di platform online dapat dijalankan dengan pasti oleh perusahaan. Transformasi teknologi dan pemanfaatan digitalisasi inilah yang juga dapat memberikan dampak positif untuk pertumbuhan perusahaan.

Jika pemasaran digital tidak dilakukan, bisnis juga akan kalah saing dengan banyak kompetitornya. Pelanggan dapat berpindah jika kita tidak dapat menyesuaikan dengan perkembangan, melalui banyak penawaran dan promosi yang dilakukan secara digital. Selain memperhatikan sumber daya dan kompetensi perusahaan,strategi dalam digital marketing juga penting untuk dimaksimalkan terutama pada awal bisnis berkembang.

Melalui banyak media online, research untuk mengetahui pasar dan konsumen dapat terus dilakukan lebih baik lagi. Kita dapat mengetahui tingkat permintaan pasar, juga mengenal apa yang sedang disukai oleh konsumen dan sebaliknya. Menyesuaikan pelanggan dan tren yang sedang berlangsung juga termasuk salah satu strategi dalam pemasaran. Jika pebisnis dapat melakukan strategi pemasaran digital yang tepat, pelanggan akan tertarik dan beralih ke bisnis kita, dan pelanggan lama juga akan semakin setia. Dengan lebih hemat biaya, pencapaian tujuan bisnis dapat dilakukan semakin cepat dan efisien. Kita tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk cetak iklan, brosur promosi, dan sebagainya. Perubahan yang terjadi secara cepat membuat kita juga harus terus beradaptasi dengan apa yang terjadi.

Digital marketing dapat dilakukan melalui berbagai jenisnya, seperti pada website. Website memberikan peran untuk menunjukkan profesionalisme perusahaan. Memudahkan konsumen untuk memperoleh informasi tentang produk atau layanan bisnis, dan mengenai penawaran serta promosi yang sedang berlangsung. Social media marketing, contohnya penggunaan Instagram, Facebook, dan lainnya yang dapat dilakukan dengan gratis dan mudah. Produk atau layanan bisnis juga dapat dikenal dengan baik melalui media sosialnya. Email marketing, yang memanfaatkan email untuk memberikan informasi mengenai produk atau layanan terbaru, ataupun tentang penawaran dan promosi yang sedang berlangsung. Bedanya dengan video marketing, dalam video dapat secara langsung menjelaskan seputar tentang bisnis. Seperti latar belakang suatu produk, manfaatnya, cara penggunaannya, hingga respon dan testimonial pelanggan. Selanjutnya online advertising, yang merupakan media promosi melalui internet dengan berbayar. Walaupun harus mengeluarkan biaya lebih dibandingkan melalui media yang lain, pada iklan di internet terbilang dapat mendapatkan konsumen dengan lebih cepat dan memuaskan.

Selain strategi dan jenis digital marketing yang telah dipahami dengan baik, dalam meraih kesuksesan dan kelancaran bisnis juga tentunya  diperlukan perencanaan keuangan yang tepat. Dengan bantuan software akuntansi, perusahaan akan dimudahkan untuk dapat menyusun laporan keuangan dengan mudah dan akurat. Hal ini penting karena dalam melakukan perhitungan, pelaporan, dan analisa keuangan juga dapat mendukung strategi pemasaran yang sedang dilakukan.

Untuk memulai pemasaran menggunakan media digital, tentunya ada beberapa hal yang harus disiapkan. Penentuan platform apa yang akan difokuskan untuk bisnis merupakan hal yang pertama. Seperti media sosial, identitas suatu produk atau layanan, promosi, hingga review dan saran dari pelanggan, semua ini perlu diurus dengan tepat agar bisa berdampak baik pada bisnis. Konten berupa foto dan video produk atau layanan, dan beragam unggahan lainnya perlu dibuat semenarik mungkin agar dapat meraih perhatian konsumen. Hal ini pun harus sesuai dengan target pasar dan tujuan pemasaran pastinya. Ketika konten telah diunggah pada media digital, evaluasi pun perlu dilakukan untuk dapat melihat apakah pemasaran telah dilakukan dan tercapai sesuai dengan apa yang direncanakan. Pebisnis bisa memberikan perhatian lebih pada hal yang telah berhasil dengan baik atas strategi digitalisasi yang dilakukan. Jika nama dan citra dari brand telah terbentuk dengan baik, pebisnis juga dapat melakukan kerjasama ataupun bergabung dengan forum marketplace public yang dapat bermanfaat untuk pengalaman hingga keuntungan lainnya.

 

sumber :

https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/

https://www.studilmu.com/blogs/details/10-alasan-mengapa-digital-marketing-sangat-penting

https://www.kompasiana.com/igodigital/5a4c790a16835f21153357b3/bagaimana-digital-marketing-dapat-membantu-mengembangkan-bisnis-anda?page=all

sumber gambar :

 https://images.app.goo.gl/mJqRUZ5GYjLhYYFN8


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa bedanya toner, essence, dan serum?

Love the sun, love your skin.