Apa Manfaat Digital Marketing dalam Bisnis?
Apa itu Digital
Marketing?
Pemasaran digital atau digital marketing merupakan kegiatan pemasaran atau promosi sebuah bisnis dengan menggunakan media digital atau internet. Upaya pemasaran melalui media digital atau internet ini dapat dilakukan dengan berbagai cara dan strategi, yang memungkinkan pebisnis dapat melakukan interaksi dengan konsumennya secara online. Contoh pemasaran digital dapat dilihat pada website atau media sosial perusahaan, dimana terdapat promosi dan kampanye online mengenai produk ataupun layanannya. Tentunya pemasaran digital tidak asing lagi untuk dilihat, seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi digitalisasi sekarang ini. Tren bisnis pun juga membawa pengaruh terhadap perkembangan pemasaran, dimana salah satu variasinya adalah digital marketing.
Konsep dan penerapan digital marketing adalah hal yang
dilakukan untuk mendongkrak penjualan dari suatu brand, dengan menarik calon konsumen secara cepat dan lebih
praktis. Maraknya penggunaan internet di masyarakat membuat kegiatan pemasaran
secara digital menjadi pilihan utama yang dapat dilakukan oleh pebisnis.
Penawaran dan promosi dapat dilihat dari berbagai akses, seperti pada website dan media sosial. Untuk itu,
pebisnis saling berkompetisi dalam membuat konten menarik untuk ditampilkan
dalam melakukan pemasaran digitalnya.
Mengapa Digital Marketing bermanfaat dalam merintis dan mengembangkan bisnis?
Seiring pemasaran
digital banyak dilakukan, manfaat dan kelebihannya tentunya dapat diperoleh
bahkan dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Yang pertama, pemasaran
digital tentunya memungkinkan strategi promosi dapat dilakukan dengan cepat. Penggunaan
media sosial dan pemanfaatan digitalisasi lainnya, membuat pemasaran digital
unggul pada kecepatan penyebarannya yang juga dapat diukur secara rinci. Di
waktu yang sama, pemasaran digital pun dapat menjangkau konsumen lebih luas
lagi. Tidak terbataskan jarak dan faktor lain, pemasaran produk dapat langsung
dilakukan dan tersebar luas dengan beberapa langkah melalui pemanfaatan
internet.
Terlebih lagi,
pemasaran digital dapat sangat membantu pebisnis dalam membangun nama brand dengan baik. Pemasaran dan
pengenalan brand secara digital dapat
dilakukan melalui konten menarik dan promosi yang dilihat oleh konsumen ketika
melakukan pencarian sebelum membeli produk ataupun layanan. Berbasis online, pemasaran digital juga membuat
evaluasi dari kegiatan penawaran yang dilakukan, dapat diketahui dengan mudah. Karena
hasil dari pemasaran digital yang menjadi pertimbangan untuk evaluasi, seperti
banyaknya konsumen yang melihat produk, persentase penjualan, dan informasi
terkait lainnya dapat secara langsung diketahui dan dilihat setiap waktu. Hal
ini dapat juga memberikan kemudahan untuk mengontrol pemasaran mana yang
berjalan dengan baik dan sebaliknya. Evaluasi ini tentunya akan sangat berguna
dan dijadikan acuan untuk memperbaiki kegiatan selanjutnya.
Disamping itu semua,
yang terpenting adalah pemasaran digital tentunya lebih efektif dengan biaya
yang lebih terjangkau. Biaya anggaran dapat banyak berkurang dibandingkan
dengan melakukan pemasaran konvensional. Besarnya biaya digital marketing sendiri tergantung dari apa yang dilakukan oleh
perusahaan. Brosur online atau
penawaran menggunakan email memang
memerlukan biaya tersendiri, namun terbilang lebih kecil dibandingkan dengan
media lainnya yang digunakan dalam pemasaran konvensional.
Pemasaran digital juga
terbukti lebih efektif untuk dilakukan saat ini, terutama untuk pebisnis kecil
yang baru mulai merintis usahanya. Digitalisasi dan internet yang tidak
terlepas dari kehidupan sehari-hari juga merupakan salah satu hal yang
mempengaruhi mengapa pemasaran digital disebut lebih efektif.
Bagaimana Digital Marketing bermanfaat dalam merintis dan mengembangkan bisnis?
Pemasaran digital
memberikan target yang jelas untuk bisnis. Melaluinya, tujuan untuk menjangkau
konsumen, meningkatkan penjualan, dan terus berkembang lebih baik lagi di platform online dapat dijalankan dengan
pasti oleh perusahaan. Transformasi teknologi dan pemanfaatan digitalisasi
inilah yang juga dapat memberikan dampak positif untuk pertumbuhan perusahaan.
Jika pemasaran digital
tidak dilakukan, bisnis juga akan kalah saing dengan banyak kompetitornya.
Pelanggan dapat berpindah jika kita tidak dapat menyesuaikan dengan
perkembangan, melalui banyak penawaran dan promosi yang dilakukan secara
digital. Selain memperhatikan sumber daya dan kompetensi perusahaan,strategi
dalam digital marketing juga penting
untuk dimaksimalkan terutama pada awal bisnis berkembang.
Melalui banyak media online, research untuk mengetahui pasar dan konsumen dapat terus dilakukan
lebih baik lagi. Kita dapat mengetahui tingkat permintaan pasar, juga mengenal
apa yang sedang disukai oleh konsumen dan sebaliknya. Menyesuaikan pelanggan
dan tren yang sedang berlangsung juga termasuk salah satu strategi dalam
pemasaran. Jika pebisnis dapat melakukan strategi pemasaran digital yang tepat,
pelanggan akan tertarik dan beralih ke bisnis kita, dan pelanggan lama juga
akan semakin setia. Dengan lebih hemat biaya, pencapaian tujuan bisnis dapat
dilakukan semakin cepat dan efisien. Kita tidak perlu lagi mengeluarkan banyak
biaya untuk cetak iklan, brosur promosi, dan sebagainya. Perubahan yang terjadi
secara cepat membuat kita juga harus terus beradaptasi dengan apa yang terjadi.
Digital marketing dapat
dilakukan melalui berbagai jenisnya, seperti pada website. Website memberikan
peran untuk menunjukkan profesionalisme perusahaan. Memudahkan konsumen untuk
memperoleh informasi tentang produk atau layanan bisnis, dan mengenai penawaran
serta promosi yang sedang berlangsung. Social
media marketing, contohnya penggunaan Instagram,
Facebook, dan lainnya yang dapat dilakukan dengan gratis dan mudah. Produk
atau layanan bisnis juga dapat dikenal dengan baik melalui media sosialnya. Email marketing, yang memanfaatkan email untuk memberikan informasi
mengenai produk atau layanan terbaru, ataupun tentang penawaran dan promosi
yang sedang berlangsung. Bedanya dengan video
marketing, dalam video dapat secara langsung menjelaskan seputar tentang
bisnis. Seperti latar belakang suatu produk, manfaatnya, cara penggunaannya,
hingga respon dan testimonial pelanggan. Selanjutnya online advertising, yang merupakan media promosi melalui internet
dengan berbayar. Walaupun harus mengeluarkan biaya lebih dibandingkan melalui
media yang lain, pada iklan di internet terbilang dapat mendapatkan konsumen
dengan lebih cepat dan memuaskan.
Selain strategi dan
jenis digital marketing yang telah
dipahami dengan baik, dalam meraih kesuksesan dan kelancaran bisnis juga
tentunya diperlukan perencanaan keuangan
yang tepat. Dengan bantuan software
akuntansi, perusahaan akan dimudahkan untuk dapat menyusun laporan keuangan
dengan mudah dan akurat. Hal ini penting karena dalam melakukan perhitungan,
pelaporan, dan analisa keuangan juga dapat mendukung strategi pemasaran yang
sedang dilakukan.
Untuk memulai pemasaran
menggunakan media digital, tentunya ada beberapa hal yang harus disiapkan.
Penentuan platform apa yang akan
difokuskan untuk bisnis merupakan hal yang pertama. Seperti media sosial,
identitas suatu produk atau layanan, promosi, hingga review dan saran dari
pelanggan, semua ini perlu diurus dengan tepat agar bisa berdampak baik pada
bisnis. Konten berupa foto dan video produk atau layanan, dan beragam unggahan
lainnya perlu dibuat semenarik mungkin agar dapat meraih perhatian konsumen.
Hal ini pun harus sesuai dengan target pasar dan tujuan pemasaran pastinya.
Ketika konten telah diunggah pada media digital, evaluasi pun perlu dilakukan
untuk dapat melihat apakah pemasaran telah dilakukan dan tercapai sesuai dengan
apa yang direncanakan. Pebisnis bisa memberikan perhatian lebih pada hal yang
telah berhasil dengan baik atas strategi digitalisasi yang dilakukan. Jika nama
dan citra dari brand telah terbentuk dengan baik, pebisnis juga dapat melakukan
kerjasama ataupun bergabung dengan forum marketplace
public yang dapat bermanfaat untuk pengalaman hingga keuntungan lainnya.
sumber :
https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/
https://www.studilmu.com/blogs/details/10-alasan-mengapa-digital-marketing-sangat-penting
sumber gambar :
bagus bangeettt
BalasHapusWah jadi tertarik buat nyoba digital marketing
BalasHapus